Innocence | Blog

.

Pengertian, Konfigurasi Hostname Debian Lenny atau Squeeze


Selamat malam sobat blogger.. Assalamualaikm wr.wb...(moeslem only)

Sebelumnya, ingin saya sampaikan bahwa jika anda merasa tidak membutuhkan atau sudah lebih dahulu mengetahui ilmu ini, anda dapat menskipnya. akan tetapi apabila anda masih membutuhkan ilmu ini, silahkan anda save, pelajari. dan apabila anda tidak keberatan, bantu saya untuk menyebarluaskan ilmu ini. Semoga Bermanfaat

Pada kesempatan kali ini, tonny dirck akan mencoba untuk share ilmu tentang Konfigurasi Hostname. Namun ada kalanya sebelum kita lebih jauh berbicara tentang konfigurasi hostname, saya ingin memberikan sedikit gambaran tentang apa itu hostname sebenarnya.

Seperti halnya manusia, komputer juga membutuhkan suatu nama agar tidak terjadi kebingungan apabila kita ingin berhubungan dengan suatu komputer lainnya. Manusia memiliki nama yang unik agar apabila kita ingin berkomunikasi, maka kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang yang kita inginkan karena kita telah mengetahui nama orang yang ingin kita ajak berkomunikasi. begitu pula dengan komputer.

Menurut Al-Mansyurin, Hostname adalah penamaan pada  setiap computer dalam  jaringan, agar memiliki nama mesin yang  berbeda.  HostName  tersebut  memudahkan  kita  dalam  membedakan  setiap  computer  dalam jaringan, dibandingkan menghafal setiap IP Address yang berbentuk numerik. Pada system operasi Linux dan Windows, layanan tersebut berjalan pada protocol NetBIOS.

Sebenarnya ketika kita menginstall sistem operasi debian, kita telah diminta untuk memasukkan hostname kita. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apakah setiap kita ingin mengganti nama hostname tersebut, kita harus mengisntall ulang sistem operasi debian kita? :) jawabannya adalah tidak. Jika kita diharuskan menginstall sistem operasi debian kita ketika kita ingin mengganti nama hostname komputer kita, maka kemungkinan besar sistem operasi linux debian tidak akan digunakan lagi. ehehehe :)

Untuk konfigurasi / setting hostname pada sistem operasi linux debian / squeeze, silahkan anda download pdf yang telah saya upload di mediafire ini. Klik tombol download dibawah ini...
 

Semoga bermanfaat,


Comments
1 Comments

1 komentar:

Artikel nya sangat menarik gan (y) Tulisannya juga enak dibaca.

Bila butuh domain & hosting murah kunjungi jualdomainhostingmurah.com

Posting Komentar

Blogger news

Cari Artikel Blog