Innocence | Blog

.

Cara Konfigurasi User Biasa Menjadi Super User / Root


Assalamualaikm wr. wb
Selamat pagi sobat blogger.. Pada kesempatan kali ini, tonny akan mencoba untuk memberikan sebuah posting yang berjudul Cara Konfigurasi (Setting) sebuah user biasa menjadi seorang Super User / root. Mungkin menurut anda Judul yang saya tuliskan ini terlalu panjang, tetapi sebenarnya ada tujuan khusus sehingga saya mencoba untuk memanjangkan judul postingan saya ini. Silahkan klik baca selanjutnya untuk membaca lebih lanjut tutorial sederhana ini. :D 

Root  adalah hak  akses  tertinggi dalam  sistem operasi  linux. Dengan  login menggunakan  root,
kita  bisa mengubah  seluruh  settingan  linux  tanpa  ada  batasan  apapun.  Akan  tetapi,  jika  status  kita hanyalah sebuah user biasa, maka akan ada batasan – batasan apabila kita ingin mengutak – atik sistem operasi linux kita dan user biasa tidak akan bebas melakukan apapun yang dia inginkan.

SUDO  (Super User DO) adalah sebuah cara yang bisa kita gunakan yakni dengan menggunakan
user  biasa,  akan  tetapi memiliki  hak  akses  sebagai  root  /  Super  User.  Dengan menggunakan  SUDO, sebuah user biasa yang sebenarnya memiliki batasan – batasan dalam mengutak atik sistem debian kita, dapat menjadi seolah – olah dia adalah root. 

Untuk  dapat melakukan  seperti  itu,  sebelumnya  root  haruslah  terlebih  dahulu mendaftarkan
user tersebut kedalam sebuah list sudoers, yang mana dalam list itu, berisi nama user – user yang dapat bertindak sebagai root, memiliki hak akses penuh atas sistem itu.

Konfigurasi / setting User biasa menjadi Super User / Root tidaklah sulit. cukup anda install sebuah aplikasi bernama sudo. Kemudian setelah itu, silahkan anda edit file sudoers dan tambahkan sebuah user yang ingin anda jadikan layaknya sebuah root. Untuk lebih jelasnya tentang konfigurasi user biasa menjadi Super User / Root, silahkan anda download materi berformat pdf yang telah saya upload di mediafire berikut ini. Klik tombol download untuk mendownload tutorial sederhana dari saya ini.



Semoga bermanfaat

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

Cari Artikel Blog