Innocence | Blog

.

Instalasi Aplikasi di Linux


Selamat malam sobat blogger.. pada malam ini ijinkan tonny dirck untuk menuliskan sebuah tutorial tentang instalasi sebuah aplikasi di sistem linux debian. Semoga artikel yang sederhana ini dapat bermanfaat untuk anda. Untuk membaca artikel ini secara lengkap, silahkan anda dapat mendownload materi pdf yang telah saya upload. Sedangkan apabila anda ingin membaca review tentang isi pdf yang telah saya upload ini, silahkan klik Read more.. :)

Untuk menginstall sebuah aplikasi di windows, tentunya saya rasa tidak perlu dibahas, karena hal itu sangatlah mudah. Kita tinggal mengklik 2x file executable nya, kemudian klik next, next dan seterusnya hingga selesai. Namun hal ini sedikit berbeda jika kita ingin menginstall aplikasi di sistem operasi linux. Penulis menggunakan debian linux sebagai sistem operasi nya pada percobaan ini.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menginstalasi suatu aplikasi di linux. cara pertama bisa melalui sebuah CD / DVD suatu distro tersebut. CD / DVD ini bisa kita dpatkan dengan memburning sendiri file iso yang seblumnya telah kita download. Bisa juga menggunakan sebuah media perantara jaringan. Jika kita menggunakan jaringan untuk menginstall sebuah aplikasi linux, maka yang kita butuhkan adalah sebuah koneksi internet tentunya (ehehe) dan sebuah server Repository. Sudah dijelaskan lengkap di dalam tutorial yang saya buat ini apa itu repository server. selain cara diatas, kita juga bisa melakukan instalasi manual terhadap file paket / aplikasi yang ingin kita install.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda download materi sederhana berikut ini. Klik tombol Download untuk mendownload tutorial yang telah saya upload sebelumnya di mediafire


Semoga bermanfaat


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

Cari Artikel Blog