Innocence | Blog

.

Konfigurasi DNS Server pada Lenny dengan berbagai studi kasus



Selamat siang sobat blogger..
Sebelumnya saya telah memposting tentang permintaan maaf saya karena saya tidak pernah mengupdate blog ini. Oleh karena itu, sebagai ugkapan maaf saya, siang ini saya akan menebusnya dengan memberikan tutorial tentang konfigurasi Domain Name System pada debian Lenny / Squeeze dengan berbagai macam studi kasus yang telah penulis alami sendiri selama melakukan praktikum DNS ini. oleh karena itu, silahkan klik Read more untuk membaca selengkapnya.   
Pernahkah anda memikirkan betapa pentingnya sebuah kontak telepon? yah, sebuah aplikasi yang sudah menjadi bawaan dari setiap Telepon Genggam (HP) adalah salah satu aplikasi yang sangat berguna. kenapa dikatakan berguna? pernahkah anda berpikir tentang akibat jika dalam sebuah telepon genggam tidak terdapat kontak telepon yang dapat menyimpan nomor telepon dan menyimpannya menjadi sebuah nama yang dasarnya lebih mudah kita ingat dibandingkan dengan angka-angka yang membentuk nomor telepon itu? 


Bayangkan saja, jika dalam sebuah kontak telepon tidak dilengkapi sebuah aplikasi / fitur seperti kontak telepon, maka hal yang akan terjadi adalah kita akan kebingungan, kesusahan serta kewalahan dalam pengiriman pesan serta pemanggilan(make a call), right? karena setiap kita mengirim pesan dan proses memanggil(make a call), kita harus menentukan nomor telepon tujuan. Mungkin sebagian dari anda mengatakan pendapat saya ini salah karena anda sudah menghafal nomor tujuan anda, ya mungkin sebagian dari anda berpikir demikian ketika membaca kalimat saya sebelumnya, right? ehehe.. mungkin memang benar, kebingungan,kesusahan serta kewalahan tidak akan terjadi jika anda telah hafal dengan nomor telepon tujuan ketika anda hendak mengirim pesan / memanggil. Lantas, bagaimana jika nomor telepon tujuan tidak anda hafal karena nomor baru misalnya?Tentu anda sangat kesusahan karena harus memasukkan angka-angka dalam nomor tujuan anda. 


Dengan adanya kontak telepon, semuanya dipermudah. Anda tidak perlu mengingat angka-angka yang sedemikian rumit itu untuk mengirim pesan dan melakukan pemanggilan, anda hanya cukup menyimpan nomor tersebut, dan memberinya nama agar ketika anda hendak melakukan pengiriman pesan dan pemanggilan, bukan nomor yang anda masukkan, tapi cukup mencari nama yang telah anda save
 sebelumnya. Kontak telepon dapat mentranslasikan / mengkonversikan nama tersebut menjadi nomor telepon. 
Nah, fungsi dari kontak telepon ini, dapat dianalogikan dengan Domain Name System. apa sebenarnya Domain Name System dan bagaimanakah cara mengkonfigurasinya? ehehe,, cukup mudah mengetahui.. silahkan download dokumen yang telah saya upload di mediafire, atau lihatlah screenshot via scribd.com. :-D

Silahkan Lihat Screenshot via scribd.com 
klik gambar diatas untuk melihat screenshot via scribd.com
 
atau silahkan download pdf lengkap beserta tutorialnya via mediafire.com
klik gambar diatas untuk mendownload pdf
daviand-Domain-Name-System.pdf~1.03Mb

Sedikit pemaparan mengenai studi kasus apa saja yang ada dalam dokumen tersebut :
1. Pembuatan lebih dari 1 domain dalam 1 DNS server.
2. Pembuatan lebih dari 1 domain hanya dengan menggunakan 1 zone domain.
3. Penambahan sub domain
4. Penambahan sub domain secara terpisah / menggunakan beberapa server(studi kasus Uji Kompetensi SMK)
5. Pembuatan dan Konfigurasi DNS server MASTER dan SLAVE zone.


Semoga bemanfaat..
Salam Hormat, 




tonny dirck

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

Cari Artikel Blog