Innocence | Blog

.

Cara Membuat dan Mengkonfigurasi DHCP Server di Debian Lenny atau Squeeze




Assalamualaikm wr.wb
Selamat pagi sobat blogger. Pada kesempatan pagi hari ini, untuk kedua kalinya tonny akan mencoba memberikan sebuah tutorial sederhana yang berjudul Cara Membuat & Mengkonfigurasi(Setting) DHCP Server di debian Lenny / squeeze setelah sebelumnya huda telah memposting Cara Konfigurasi (Setting) User biasa menjadi Super User / Root dengan sudo. Silahkan baca selengkapnya dan semoga bermanfaat :D

Mungkin mengatur  IP Address untuk  sebuah PC  tidaklah menjadi  sebuah masalah.  Tidak  akan
menjadi suatu masalah karena hal itu tidaklah sulit dan tidak membutuhkan banyak waktu. Akan tetapi, jika  anda  seorang  pengusaha  yang  bergerak  di  bidang  penyewaan  internet  (warnet)  yang  memiliki banyak  PC,  semisal  100  unit  PC, maka  penyettingan  IP  secara manual  bukanlah  suatu  langkah  yang tepat.

DHCP server adalah sebuah solusi dari masalah itu. Dengan adanya DHCP server, kita tidak perlu
mensetting  IP  Address  semua  client  secara  manual.  Cukup  dengan  membuat  sebuah  DHCP  Server, semua  tugas  untuk  memberikan  IP  Secara  Manual  tidak  perlu  dilakukan  karena  tugas  itu  telah digantikan oleh sebuah DHCP Server. 

DHCP server adalah sebuah server yang memberikan pelayanan berupa penyewaan  IP Address
sehingga  client  secara  otomatis  memperoleh  IP  Address  tanpa  harus  mengkonfigurasi secara manual.

Adapun DHCP Client  dalam proses penyewaan alamat suatu IP kepada DHCP Server melalui
empat tahap yakni sebagai berikut :
1. DHCPDISCOVER 
2. DHCPOFFER 
3. DHCPREQUEST
4. DHCPACK

Untuk langkah konfigurasinya, anda hanya cukup menginstall sebuah paket bernama dhcp3-server jika anda menggunakan debian lenny, atau isc-dhcp-server jika anda menggunakan debian squeeze. Untuk langkah konfigurasinya, baik lenny maupun squeeze tidaklah berbeda. file yang anda edit adalah file dhcpd.conf.

Penjelasan diatas hanyalah sebuah ringkasan saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda download tutorial yang telah saya upload di mediafire ini. Klik tombol donwload untuk mendownload tutorial ini.




Semoga Bermanfaat..

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news

Cari Artikel Blog